Senin , Mei 21 2018
Home / Uncategorized / Tren Fitnes Baru di AS Klaim Bisa Bakar Lemak Seharian

Tren Fitnes Baru di AS Klaim Bisa Bakar Lemak Seharian

Para peserta melakukan senam kebugaran dengan mengenakan teknologi wearable atau yang dipakai pada tubuh (foto: ilustrasi).

Teknologi wearable atau yang dipakai di tubuh telah digunakan dalam berbagai latihan kebugaran, karena dengan memonitor tubuh secara konstan dinilai bisa mencapai hasil yang lebih maksimal. Itulah gagasan di balik “Orangetheory”, tren fitnes terbaru di AS.

Pelatih yang bersemangat, mesin dayung, mesin treadmill, dan semua yang menunjang latihan intensitas tinggi adalah hal yang umum di sasana kebugaran. Yang membuat Orangetheory berbeda adalah perangkat monitor jantung yang bentuknya mirip jam tangan.

John Davidson dari Orangetheory Fitnes menjelaskan, “Kami memusatkan perhatian pada lima zona denyut jantung, jadi selama satu jam kami melatih peserta untuk menuju ke zona denyut jantung yang berbeda. Latihannya mencakup 30 menit kardio dan 30 menit latihan ketahanan tubuh, semuanya dipandu oleh instruktur.”

Di sini, para peserta latihan dengan keras agar tubuhnya mencapai target metabolisme tertentu yang hasilnya terlihat di layar monitor.

“Teori di balik Orangetheory adalah apa yang kami sebut sebagai pembakaran setelah latihan. Kami berupaya membuat denyut jantung mencapai titik metabolisme selama 12 menit atau lebih dalam kelas selama satu jam, dan apabila peserta bisa mencapai titik tersebut, maka mereka bisa membakar rata-rata 900 kalori sepanjang latihan dan bahkan 24 sampai 36 jam mendatang,” ujar Davidson.

Tidak banyak tinjauan ilmiah yang menunjang gagasan bahwa Orangtheory adalah sesuatu yang spesial, tapi orang-orang yang menjalaninya mengatakan program ini adalah cara yang menyenangkan dan menarik supaya tetap bugar.

Salah seorang peserta, Gail Goldberg, mengatakan, “Saya datang empat hari seminggu, dan setiap kali saya datang, kelasnya selalu berbeda. Tidak pernah sama. Memang kami selalu latihan menggunakan treadmill, dan mesin dayung, dan lain-lain tapi pembagiannya selalu berbeda jadi tidak pernah membosankan.”

Dan dokter mengatakan baik Orangetheory, Cross Fit, atau latihan intensitas tinggi semacam itu berdampak positif. Dr. Shaun Daneshrad adalah seorang pakar Kardiologi.

“Apabila Anda punya kolesterol tinggi, latihan ini akan membantu Anda menurunkan kolesterol. Ada banyak manfaatnya, termasuk pencegahan kanker, kanker payudara, kanker prostat, kanker pankreas, ini semua merupakan manfaat dari latihan interval tingkat tinggi,” kata Daneshrad.

Orangetheory telah ada kurang dari sepuluh tahun, tapi telah meluas ke lebih dari 450 lokasi, dengan biaya keanggotaan berkisar dari 60 sampai 160 dolar sebulan. [vm] (www.voaindonesia.com)

Check Also

Perusahaan Rintisan Tawarkan Makanan Bayi Organik yang Lebih Sehat

Riset pasar memperkirakan industri makanan bayi di AS menghasilkan 53 miliar dolar tahun 2015. Pasar …

Powered by themekiller.com